Gulat Sumo Yang Dikenal Sebagai Ritual Suci

Sumo adalah salah satu olahraga khas Jepang, yang terus bertahan hingga kini. Diyakini olahraga ini sudah ada sejak 1500 tahun lalu, dan seiring berjalannya waktu olahraga ini masih terus ada hingga kini dan masuk sebagai turnamen olahraga yang besar. Sebelumnya atlet sumo diketahui memiliki penghasilan yang lumayan banyak dan istri para pesumo identik dengan wanita cantik-cantik.Namun, siapa sangka ternyata dibaliknya ada fakta mencengangkan yang mungkin belum Anda ketahui mengenai olahraga satu ini, berikut ini 5 fakta olah raga sumo.

1. Sumo Merupakan Ritual Keagamaan 

Sumo dianggap sebagai olahraga tertua tak hanya di Jepang namun dunia, yang diyakini sudah ada sejak 1500 tahun lalu.

Ternyata sumo bukanlah sekedar olahraga di masa lalu olahraga ini adalah bagian dari ritual agama Shinto, di­mana manu­sia bergu­lat den­gan Kami (dewa Shinto). Do­hyo (ring sumo) bisa dite­mukan di banyak kuil di Jepang. Hubungan antara sumo dan Shinto masih bisa dilihat hingga sekarang, dan di masa lalu Wasit dalam pertandingan bertindak sebagai ‘pendeta shinto’.

2. Wasit identik dengan bunuh diri

Menjadi wasit Sumo ternyata tidaklah mudah dalam sebuah keyakinan di masa lalu. Jika seorang wasit melakukan kesalahan dalam membuat keputusan, hukumannya adalah melakukan Seppuku dalam tradisi Samuari Jepang. Dimana Seppuku adalah ritual bunuh diri bagi seorang pasukan yang melanggar peraturan atau gagal mengemban misi. 

3. Kehidupan keras para pesumo

Walaupun memiliki badan gemuk dan bisa dikatakan obesitas berlebih, ternyata pegulat sumo kehidupan mereka tidak hanya malas-malasan. Mereka menjalani kehidupan keras setiap harinya, dari latihan ketat hingga mengatur pola makan yang mengharuskannya menegak 8.000 kalori per hari. Sehari-hari yang mereka lakukan hanyalah tidur makan dan berlatih di tempat tersebut sepanjang waktunya.

4. Tidak ada pesumo Jepang yang meraih Yokuzuna

Yokuzuna adalah tingkatan tertinggi seorang pesumo, sama halnya beberapa cabang olahraga gulat yang mendapatkan sabuknya. Bahkan misrisnya gelar tersebut justru diperoleh oleh seorang pesumo asal Hawai bernama Chadwick Haheo Rowan, dengan nama ring Taro Akebono, ia menjadi pesumo pertama yang memperoleh gelar Yokuzuna.

5. Semua pesumo adalah lelaki

Sama halnya dengen beberapa cabang olahraga lain, yang mana mengutamana kompetisi antara lelaki, namun di olahraga sumo justru lebih kejam. Dimana wanita bahkan tidak hanya dilarang mengikuti olahraga sumo, bahkan wanita dilarang untuk memasuki ring karena dianggap ‘mengotori’ kesucian ring.  Bahkan sempat terjadi kegegeran pada saat gubernur wanita Osaka tahun 2000-2008 memasuki ring untuk mempersembahkan hadiah pada pemenang.

Mengapa Pegulat Sumo Berkompetisi Tanpa Busana?

Kamu tentu penasaran mengapa pegulat sumo berkompetisi tanpa busana, dan sesungguhnya terdapat sebagian alibi yang membuat adat- istiadat ini diaplikasikan dalam perlombaan sumo. Sumo kerap berhubungan dengan ritual dalam agama Shinto, dan perlombaan sumo sesungguhnya dicoba untuk membuktikan rasa dapat kasih pada Dewa dan Bidadari Shinto, sehingga ketakjujuran dalam perlombaan sumo amatlah dikritik.

Perihal ini jadi alibi mengapa para pegulat sumo berkompetisi dengan menggunakan Mawashi saja. Berkompetisi tanpa menggunakan busana dikira bagaikan metode untuk para pegulat untuk membuktikan pada Dewa dan Bidadari Shinto kalau mereka tidak melaksanakan ketakjujuran.

Sesungguhnya aplikasi peraturan berkompetisi tanpa menggunakan busana ini telah diaplikasikan semenjak era dulu, persisnya dalam Olimpiade era kuno, di mana tiap atlet berkompetisi tanpa menggunakan busana untuk menghindari ketakjujuran.

Tidak hanya Olimpiade era kuno, peraturan ini pula diaplikasikan dalam perlombaan bergelut minyak Turki dan bergelut Mongolia, dengan tujuan untuk meyakinkan kalau tidak terdapat senjata yang dirahasiakan dan tidak terdapat ketakjujuran yang dicoba. Sehabis membaca postingan ini, kamu kesimpulannya ketahui mengapa para pegulat sumo berkompetisi tanpa menggunakan pakaian

Permasalahan Raga Dan Kesehatan Para Atlet Sumo

Bentuk badan badan sumo yang berdimensi jauh di atas pada umumnya sering menyusahkan diri sendiri dan orang lain. Semacam ilustrasinya kala menaiki pesawat, dimensi sabuk pengaman dan bangku yang ada tidak cocok dengan dimensi badan mereka. Pemecahan yang lazim dipakai yakni dengan membagikan 3 tempat bersandar untuk dipecah 2 orang pegulat sumo.

Mereka membuat kerabat kerja pesawat wajib menolong membaurkan sabuk pengaman yang golongan warga Hawaii, sebagian kosakata bahasa Jepang jadi amat populer semacam shoyu( kecap Jepang), bento( bekal) dan zori( sandal)( Hall, 1997: 7). Samudra Pasifik ialah rute perdagangan, perihal itu membuat interaksi dampingi 2 negeri sekalian 2 kepulauan ini jadi besar sehingga membuat akibat dari tiap- tiap negeri bisa masuk dengan gampang Keberadaan pegulat sumo dari Hawaii dimulai dengan kedatangan Takamiyama yang mengawali debutnya dalam sumo pada tahun 1972.

Kala itu beliau sukses jadi orang asing non Jepang awal yang memenangkan invitasi handal. Perihal itu ialah hasil yang amat membanggakan. Beliau menempuh pekerjaannya sepanjang 21 tahun. Merambah era pensiun, Takamiyama mengganti status kewarganegaraannya jadi masyarakat negeri Jepang, bagaikan ketentuan untuk membuka heya sendiri, semacam yang ditulis dalam informasi online Independent Lens.

Keberhasilan Takamiyama di Jepang pasti diamati oleh warga Hawaii. Dari dikala itu timbul nama- nama pegulat sumo asal Hawaii yang lain, semacam Akebono, Konishiki, dan serupanya. Dalam perjalanannya, sumo hadapi cara kesejagatan sehingga bisa diketahui warga luar Jepang. Pada intinya cara kesejagatan membuat batas- batas dampingi negeri jadi angkat kaki dan bumi jadi tanpa batasan. Cara kesejagatan ini dibantu oleh satu ataupun sebagian orang yang silih berhubungan dan pengaruhi satu serupa lain.

Situasi Badan Yang Dipunyai Atlet Sumo

Pegulat sumo mempunyai berat badan dekat 130– 180 kg, sahabat. Ini sebanding dengan berat tubuh pada umumnya 2 ataupun 3 orang berusia, lo. Tetapi, walaupun memiliki badan yang besar dan berat, pesumo sesungguhnya senantiasa segar. Yup, tubuh besar Pesumo ini berlainan dengan situasi badan orang yang hadapi Kegemukan, sahabat.

Pada seorang dengan situasi kegemukan, lemak badannya tersembunyi di bagian dalam perutnya. Lemak ini terdapat di dekat kelenjar ludah perut, batin, dan alat vital yang lain. Ini diucap dengan julukan lemak visceral. Lemak ini mencemari darah dengan anasir yang dapat menimbulkan peradangan. Inilah kenapa situasi kegemukan dapat menimbulkan kendala kesehatan semacam darah besar, diabet jenis 2, dan serbuan jantung.

Tetapi, pesumo tidak hadapi tanda- tanda semacam seorang dengan situasi kegemukan, lo. Bagi hasil pengecekan, pesumo tidak mempunyai lemak visceral yang menumpuk di perut, semacam orang kegemukan.

Badan pegulat sumo warnanya menaruh lemak di dasar kulitnya, sahabat. Sehingga akademisi menyangka pesumo segar. Kandungan lemak dalam darah( trigliserida) di badan pesumo terdapat dalam jenis wajar dan tingkatan kolesterolnya kecil. Situasi itu menghindarkan pesumo dari resiko penyakit jantung, serbuan jantung, dan stroke.

Bagi riset, berolahraga teratur dan intens dapat menghindari penimbunan lemak visceral. Ini berhubungan dengan penciptaan hormon adiponectin yang bertambah dikala berolahraga. Hormon adiponectin memusatkan lemak pergi dari gerakan darah di mana lemak dapat menumpuk jadi lemak visceral. Hormon ini menolong memusatkan lemak dalam darah ke bagian dasar kulit.

Nah, sahabat tentu ketahui, kan? Seseorang pesumo merupakan atlet, sebab itu beliau giat olahraga dan bimbingan raga. Pesumo handal dapat bimbingan sepanjang 5 jam tanpa sela waktu dalam satu hari, lo. Tetapi, esoknya dikala pesumo telah tidak lagi jadi atlet, mereka wajib melindungi pola makan, nih. Ini sebab jika kerutinan pesumo yang senantiasa bimbingan dan olahraga berganti dan serupa sekali menyudahi, hingga resiko semacam penyakit jantung akan timbul.

Share Now

Related Post

judi online