Peraturan Dalam Pertandingan Gulat Sumo

Sumo merupakan olahraga nasional di Jepang, di mana terdapat dua pemain sumo (rikishi) yang bermain di dalam satu ring (dohyo). Seorang pemain sumo akan menang jika apabila Ia berhasil mendorong jenis pemain lawannya untuk keluar dari ring. Dalam peraturan pertandingan sumo, hanya bagian telapak kaki yang diizinkan untuk keluar dari ring. Apabila terdapat bagian tubuh selain telapak kaki, dinyatakan keluar dari ring, maka pemain tersebut akan dihitung kalah dari pertandingan.

pertandingan sumo tidak akan dimulai jika sebelum kedua pegulat meletakan kedua tangannya di atas tanah secara bersamaan, hal ini sering dimanfaatkan oleh para pegulat untuk merusak konsentrasi lawan dengan cara berpura-pura untuk meletakkan kedua tangannya di atas tanah sebelum berdiri kembali.

Saat begitu dimulai pertandingan sumo ini hanya berlangsung beberapa detik saja ( walaupun bisa juga berlangsung selama beberapa menit ) Pertandingan ini akan dianggap berakhir jika apabila salah satu pegulat terlempar keluar dari lingkaran ( dohyo ) atau bagian anggota tubuh nya ( terkecuali telapak kaki ) menyentuh tanah.

Beberapa Ritual Sebelum Pertandingan Di Mulai


ada berbagai macam ritual sebelum berjalannya pertandingan dan beberapa kode etik yang dilakukan oleh rekishi, salah satu nya yaitu memasuki arena pertandingan yang di kenal dengan sebutan (dohyo iri). Ritual ini menjadi sebuah keunikan dalam pertandingan sumo. Para rikishi dipanggil ke arena pertandingan dari yang peringkat terendah sampai peringkat tertinggi dengan memakai kesho mawashi (apron upacara) yang terbuat dari bahan sutra yang sangat indah dengan berbagai macam motif motif sulaman dari benang emas yang harganya kira – kira 400 ribu – 500 ribu yen bahkan ada yang harganya 5 juta yen

Ritual dohyo iri yang di tunggu – tunggu tentunya adalah ritual naiknya yokozuna ke atas dohyo. Sebelum yokozuna naik ke atas dohyo, tategyoji naik ke atas dohyo iri terlebih dahulu. Setelah semua tategyoji berada di atas dohyo, naiklah seorang rikisi yang memimpin ritual dohyo iri. Rikishi ini disebut tsuzuharai yang memberitahukan beberapa pengumuman. kemudian, yokozuna naik keatas dohyo iri diikuti oleh rikishi lagi yang membawa katana atau pedang yang dihiasi dengan sangat indah untuk lambangnya kekuatan yokozuna.

Penentuan Pemenang Gulat Sumo

Pemenang pertandingan Gulat dintentukan atas dasarnya yaitu, Pegulat yang terlebih dahulu menyentuh bagian tanah dengan badan selain telapak kaki dinyatakan kalah dalam pertandingan. Kesempatan yang jarang terjadi dalam pertandingan adalah pegulat yang terlebih dahulu menyentuh tanah, yang kemungkinan di menangkan wasit karna syarat tersebut pegulat mengenai tanah pada waktu yang beriringan dan pegulat yang menyentuh tanah akan dianggap tidak ada harapan untuk memenangkan pertandingan. Pegulat yang disebut shinitai ( orang mati )

Pegulat yang menggunakan teknik yang tidak sah secara berlangsung dinyatakan kalah dalam pertandingan. Pegulat yang membenarkan sebuah ( mawashi ) sabuk yang berfungsi untuk sebagai celana, akan di nyatakan kalah karna lepas sewaktu jalannya pertandingan. Pemain yang tidak hadir sewaktu bergilirnya pertandingan akan dinyatakan kalah. Setelah salah seorang dinyatakan menang, juri yang di luar ring akan mengumumkan kimarite atau teknik yang digunakan pegulat yang menang dalam pertandingan.

Syarat Menjadi Gulat Sumo


yang pertama syarat pemain sumo, harus memiliki tinggi badan minimal adalah 173 cm dan memiliki berat badan 75 kg. Persyaratan yang ketat, dana sangat mengakibatkaan orang yang rela membenturkan kepalanya untuk mendapatkan benjolan di kepala supaya bertambah nya tinggi badan.

bentuk potongan rambut panjang sumo yang begitu unik adalah fungsinya untuk menjaga kepala pemain, selama beriringan jalannya waktu pertandingan, bentuk potongan rambut ini disebut juga sebagai Oicho yang begitu juga melindungi kepala pemain saat jatuh dari ring. tidak ada wanita dalam permainaan sumo. pegulat sumo juga harus memakai pakaian tradisional, begitupun tidak diperbolehkan sembarang memilih pakaian sendiri.

Fakta Tentang Olahraga Sumo

Yaitu adalah ritual ke agamaan dalam negara jepang, sumo adalah olahraga tertua sejak 1500 tahun lalu. Pertandingan sumo begitu berlangsung hanya dalam beberapa detik saja sangat begitu singkat tidak memakan banyak waktu. 

Begitupun Wasit (gyoji) yang dikenal identik dengan bunuh diri, karna dalam dalam pertandingan selalu membawa pisau kecil atau yang disebut tanto, karna keputusan seorang wasit adalah symbol menentukan hasil jika salah mengambil keputusan.

Kehidupan keras para pegulat sumo mereka tidak hanya bermalas malasan, merekapun menjalani latihan ketat dengan mengatur pola makan yang di harus kan 8.000 kalori perhari nya.

Share Now

Related Post

judi online