Turnamen Dan Hirarki Peringkat Atlet Sumo

Badan pengelola sumo profesional adalah Asosiasi atlet Sumo Jepang. Enam turnamen diadakan setiap tahun: tiga di Tokyo (Januari, Mei dan September) dan masing-masing di Osaka (Maret), Nagoya (Juli) dan Fukuoka  (November). Setiap turnamen berlangsung selama 15 hari di mana setiap pegulat tampil dalam satu pertandingan per hari kecuali pegulat peringkat lebih rendah yang tampil dalam pertandingan yang lebih sedikit.

Semua pegulat sumo diklasifikasikan dalam hierarki peringkat (banzuke), yang akan diperbarui setelah setiap turnamen berdasarkan kinerja pegulat. Pegulat dengan catatan positif (lebih banyak menang daripada kalah) meningkatkan hierarki, sedangkan yang dengan catatan negatif diturunkan. Divisi teratas disebut “Makuuchi” dan divisi kedua disebut “Juryo”. Di puncak hierarki sumo berdiri yokozuna (grand champion). Tidak seperti pegulat di peringkat yang lebih rendah, yokozuna tidak dapat didemosiasikan, tetapi ia akan diharapkan untuk pensiun ketika kinerjanya mulai memburuk.

Cara melihat turnamen Atlet Sumo

Cara terbaik untuk melihat sumo adalah dengan menghadiri turnamen sumo. Tiket dijual untuk setiap hari dalam turnamen 15 hari. Mereka dapat dibeli di muka melalui vendor resmi atau mereka dapat dibeli di toko serba ada (beberapa keterampilan Jepang diperlukan) atau di stadion.

Tiga jenis kursi tersedia untuk pengunjung reguler:

  • Kursi Ringside:
    Terletak paling dekat dengan ring, kursi ringside paling mahal dan paling sulit didapat. Pemegang tiket duduk di atas bantal di lantai dan terkena resiko cedera karena pegulat terbang ke penonton.
  • Kotak kursi:
    Sisa lantai pertama stadion terdiri dari kursi kotak gaya Jepang, yang umumnya menampung empat orang (meskipun ada beberapa dengan kapasitas yang lebih tinggi dan lebih rendah, juga). Sepatu dilepas, dan penonton duduk di atas bantal. Tiket dijual untuk seluruh kotak terlepas dari apakah mereka terisi penuh atau tidak, yaitu dua orang yang menggunakan kotak 4 kursi masih harus membeli keempat tiket. Kotak kursi selanjutnya diklasifikasikan ke dalam kotak A, B dan C sesuai jarak ke cincin.
  • Kursi balkon:
    Di balkon lantai dua, ada beberapa baris kursi bergaya Barat. Kursi balkon juga diklasifikasikan lebih lanjut menjadi kursi A, B dan C tergantung pada jarak ke cincin. Selain itu, ada satu bagian untuk penggunaan eksklusif oleh pemegang tiket pada hari yang sama, jenis tiket termurah yang hanya dapat dibeli pada hari di stadion.

Stadion ini sering terjual habis, terutama pada akhir pekan dan Hari libur nasional . Tetapi bahkan jika satu hari habis terjual di muka, sejumlah terbatas tiket kursi balkon pada hari yang sama dijual pada hari di stadion. Tiket Sumo mulai dijual kira-kira satu bulan sebelum dimulainya setiap turnamen.

Hari turnamen Atlet Sumo

Perlombaan bagian dasar diawali dari 8: 30( mulai 10: 00 pada hari 13- 15), perlombaan bagian 2( Juryo) mulai jam 15: 00 dan perlombaan bagian atas( Makuuchi) mulai jam 16: 00. Seremoni merambah cincin dampingi bagian pula menarik untuk ditonton. Pegulat berkelas paling tinggi mempunyai perlombaan mereka saat sebelum jam 18: 00. Pada hari terakhir tiap turnamen, agenda digeser ke depan oleh 30 menit untuk mengakomodasi seremoni kemenangan di akhir.

Atmosfer stadion pulih dengan kehadiran lebih banyak pemirsa sebab di setelah itu hari perlombaan sangat dahsyat terjalin. Istirahat antara pertarungan pula diperpanjang sebab melingkupi durasi perencanaan yang lebih lama dan lebih banyak kelakuan pra- pertandingan antara pegulat tingkatan besar. Kita mengusulkan pemirsa dengan durasi terbatas untuk muncul di stadion paling tidak untuk kelakuan bagian atas antara 15: 30 dan 18: 00.

Insiden Atlet Sumo Yang Lainnya

Untuk mereka yang mendatangi Jepang antara turnamen sumo, terdapat sebagian metode lain untuk memandang perlombaan sumo. Mereka tercantum turnamen demonstrasi yang diadakan di semua negara di antara turnamen sah dan seremoni pensiun sesekali pegulat terkenal. Seremoni pensiun umumnya mencakup festival demonstrasi, sebagian pementasan enteng oleh pegulat dan ritual penyembelihan rambut yang menghabiskan durasi untuk menyudahi simpul paling atas yang ialah ikon pegulat aktif. Amati web sah untuk almanak.

Di luar bumi sumo handal, terdapat sebagian universitas dan sekolah menengah yang mengatur klub sumo, sebagian di antara lain bisa jadi bisa mengakomodasi kunjungan turis. Tidak hanya itu, terdapat pementasan ataupun festival sumo sesekali di sebagian kuil dan Pergelaran.

Bisa jadi metode terbaik untuk menghormati sumo tidak hanya mendatangi turnamen merupakan dengan mendatangi kandang sumo untuk melihat tahap bimbingan pagi. Kandang sumo merupakan tempat para pegulat bermukim dan belajar bersama dan di mana seluruh pandangan kehidupan, mulai dari tidur dan makan sampai penataran pembibitan dan durasi senggang, diatur dengan cara kencang oleh ahli normal. Terdapat dekat 4 puluh istal, yang seluruhnya terdapat di Greater Tokyo Region, paling utama di area Ryogoku Tokyo.

Tetapi, kandang sumo tidaklah tempat biasa ataupun tempat darmawisata. Cuma beberapa kecil istal yang menyambut kunjungan oleh turis, dan mereka bersikukuh kalau turis ditemani oleh seorang yang lancar berbicara Jepang dan bersahabat dengan kerutinan bumi sumo. Berikutnya, wisatawan diharapkan untuk menjajaki ketentuan rumah dengan cara kencang dan tidak mengusik tahap penataran pembibitan. Berambisi untuk bersandar bungkam di lantai sepanjang 2 sampai 3 jam.

Dalam praktiknya, amat susah untuk turis asing untuk mendatangi kandang sendiri. Kebalikannya, metode yang dianjurkan untuk melihat bimbingan pagi hari merupakan dengan menjajaki rekreasi berpemandu. Bermacam badan dan industri, semacam klook dan Voyagin, menawarkan rekreasi sejenis itu dan umumnya menggunakan bayaran dekat 10. 000 yen untuk satu orang dan dekat 4000 yen untuk badan tim bonus.

Pementasan Terpaut Sumo Lainnya

Area Ryokogu Tokyo sudah jadi pusat bumi sumo sepanjang dekat 2 era. Area ini merupakan rumah untuk banyak kandang sumo dan stadion Kokugikan sumo di mana 3 dari 6 turnamen tahunan diadakan. Di dasar ini merupakan sebagian pementasan Ryogoku yang bisa jadi menarik untuk penggemar sumo:

Museum Sumo
Jam: 10: 00 sampai 16: 30( masuk sampai 16: 00)
Ditutup: Akhir minggu, hari prei nasional, dan di antara pameran
Pendapatan: Gratis

Museum kecil ini terdapat di dalam stadion Kokugikan sumo. Ini rumah demonstrasi berkeliling mengenai sumo, tercantum koleksi potret yokozuna era kemudian dan saat ini, lukisan insiden berarti dalam asal usul sumo, dan celemek seremoni yang dikenakan oleh pegulat pensiunan terkenal. Sepanjang turnamen di Tokyo, museum ini cuma bisa diakses oleh pemegang karcis turnamen.

Saat sebelum stadion sumo awal dibentuk pada tahun 1909, turnamen sumo diadakan di luar ruangan di Kuil Ekoin, cuma sebagian tahap dari Stasiun Ryogoku. Dikala ini, wisatawan kuil bisa memandang tugu batu dengan alibi kuil yang meluhurkan pegulat era kemudian dan tuan yang normal.

Restoran Spesial Atlet Sumo Chanko Nabe

Chanko nabe merupakan santapan utama para pegulat sumo. Ini merupakan persembahan Hot Jambangan yang tiba dalam banyak jenis dan memiliki sayur- mayur, santapan laut, dan daging. Terdapat restoran chanko nabe Fokus besar di wilayah Ryogoku, banyak di antara lain diatur oleh purnakaryawan pegulat. Sebagian restoran apalagi mempunyai cincin dohyo di dalamnya, di mana wisatawan bisa mengutip lukisan ataupun masuk untuk pengalaman itu.

Share Now

Related Post

Leave us a reply