Apa Itu Olahraga Sumo ?

Sumo adalah olahraga yang sangat tertua di negara sakura, yaitu olahraga yang berbadan besar sehingga salah seorang saling dorong mendorong untuk keluar dari lingkaran atau terjatuh dengan bagian tubuh selain telapak kaki menyentuh tanah di bagian dalam lingkaran. Pegulat akan berpeluang besar untuk memenangkan pertandingan. Olahraga ini adalah sudah di pertandingkan dari sejak abad-abad lalu.

Berkembangnya zaman membuat sumo mulai dikenali dunia luar. Tetapi bagaimana dengan perempuan? kehadiran wanita sempat diributkan karena dianggap akan menodai kesucian dohyo. Begitu, serat Nihon Shoki pernah mengatakan adanya pesumo wanita.

Serat itu berasal dari tahun 720 Masehi itu menjelaskan bahwa pertamakali wanita bertanding dalam laga sumo tahun 469 di masa Kaisar Yuryaku. Waktu itu kaisar memerintahkan dua wanita bertarung sumo tanpa berpakaian. Perintah itu bertujuan membungkam kearogan seorang tukang kayu yang mengklaim tidak pernah membuat kesalahan. Pertandingan sumo wanita dilakoni untuk mengalihkan konsentrasi tukang kayu. Pada akhirnya si tukang kayu membuat kesalahan lantaran fokusnya terganggu, lalu dieksekusi sang kaisar. Siring waktu berjalan wanita dilarang terlibat dalam sumo. Larangan itu dicabut pada tahun 1873.

Dalam setiap pertandingan, sumo selalu diawali tradisi unik yaitu,ritual menyebar garam dan menepuk kedua tangan sebelum memasuki arena (dohyo) atau arena berbentuk lingkaran. Sebelum terlibat, para rikishi (pesumo) menghentakkan kaki beberapa kali. 

Pegulat sumo pun diharuskan tanpa pakaian dan cuma menggunakan mawashi yang menutupi kemaluan. Wasitnya seringkali merupakan pendeta kuil shinto setempat. Pertandingan dimulai dengan tangan kosong dan hanya bisa menang dengan mengenyahkan lawan ke luar garis batas lingkaran baik dengan bantingan, lemparan ataupun dorongan.

Mengapa Saat Bertanding Tidak Memakai Pakaian ?

Kenapa pegulot sumo di Jepang tidak menggunakan pakaian? Seperti yang di ketahui, pegulat sumo di negara jepang selalu bertanding telanjang, hanyalah menggunakan Mawashi yang berbentuk seperti celana dalam, yang dililitkan ditubuh pegulat sumo. Tetapi di zaman sekarang ini mawashi terbuat dari kain yang bagus dan kaku.

Bertanding tanpa memakai pakaian dianggap sebagai cara pegulat untuk menunjukkan kepada Dewa dan Dewi Shinto bahwa tidak melakukan kecurangan dalam pertandingan. Cara ini juga bisa jadi satu alasan kenapa para pegulat sumo bertanding dengan mengenakan Mawashi saja. 

Fakta Tentang Olahraga Sumo

  • Pertama adalah menjadi seorang sumo tidaklah selalu berbadan gemuk pada zaman dahulu, dan barulah muncul image berbadan gemuk yang menarik pada abad ke-20.
  • Semua pesumo adalah lelaki tidak ada perempuan.
  • Pegulat sumo bahkan tidak boleh bertingkah laku semuanya sendiri, selain gaya, seorang sumo juga mempunyai aturan sendiri dengan cara berbicara dan bersikap lembut di kalangan umum.
  • Kehidupan seorang sumo tidaklah hanya bermalas-malasan saja seperti makan dan tidur, merekapun harus menjalani latihan ketat dengan mengatur pola makannya sebanyak 8.000 kalori perharinya.
  • Wasit yang dikenal deangan sebutan wasit dan bunuh diri, Hal itu  adalah setiap melaksanakan pertandingan selalu membawa (tanto) yaitu pisau kecil, Jika wasit melakukan kesalahan dalam menentukan keputusan maka sebagai simbol mereka siap melakukan sepekku yaitu melakukan bunuh diri dengan cara membelah perutnya. 
  • Tidaklah semua sumo adalah orang jepang asli, orang asingpun bisa menjadi pesumo tetapi juga mempunyai syarat tertentu yaitu diharuskan lancar dalam berbicara jepang serta harus mengerti budaya dan tradisi jepang.
  • Pemain sumo yang terhebat saat ini justru adalah orang asing.
  • Menjadi pemain sumopun mempunyai kebebasan yang sangat terbatas, pemain sumo dalam arti harus mau mendedikasikan diri hidup dalam stable atau kandang. Setiap harinya mejalani latihan-latihan keras bisa dibilang adalah siksaan. Pemain sumo hanya boleh keluar beberapa saat saja, selebihnya harus menjalani latihan yang ketat. Makanpun harus dijatah, tidak boleh kurang atau pun lebih, harus seimbang sesuai aturan. 
  • Tidak ada pesumo jepang yang meraih Yokuzuna

Yokuzuna adalah pesumo tingkat tertinggi, sama halnya beberapa cabang olahraga gulat sumo yang mendapatkan sabuknya.

mirisnya gelar tersebut justru diraih oleh salah seorang pesumo asal Hawai yang bernama Chadwick Haheo Rowan, dengan bernama ring Taro Akebono, menjadi pesumo pertama yang memperoleh gelar Yokuzuna.

Aturan Dalam Pertandingan Sumo


Pegulat Sumo bertanding pada dohyo, arena berbentuk lingkaran dengan ukuran 4,55 meter (atau berbentuk kotak). Seorang pegulat dikalahkan jika tubuhnya terdorong keluar, atau telapak kakinya keluar dari ring. Sumo memiliki berbagai teknik gaya, totalnya lebih dari 80, termasuk juga mendorong dan melempar. 

Pertandingan ini secara berlangsung hanya beberapa detik saja. Pegulat sumo yang menggunakan teknik yang tidak sah secara langsung dinyatakan kalah dalam pertandingan. Pegulat yang membenarkan sebuah sabuk yaitu mawashi yang berfungsi sebagai pelindung celana, akan di nyatakan kalah karna lepas sewaktu berlangsungnya pertandingan.

Pegulat yang tidak hadir sewaktu bergilirnya pertandingan akan dinyatakan kalah dalam pertandingan. Pegulat yang dinyatakan menang, juri yang di luar ring akan mengumumkan kimarite atau teknik yang digunakan pegulat yang menang dalam pertandingan sumo.

Share Now

Related Post

Leave us a reply